Sakit Tenggorokan Bikin Susah Menelan, Ini 8 Cara Mengatasinya

Sakit Kerongkongan Buat Sulit Menelan, Ini 8 Langkah Menanganinya“Pada intinya sakit kerongkongan bukan sebuah keadaan yang memberikan ancaman kesehatan. Keluh kesahnya tidak selalu harus ditangani oleh konsumsi beberapa obat. Langkah menangani sakit kerongkongan bisa juga …

Cara Mengatasi Tenggorokan

Sakit Kerongkongan Buat Sulit Menelan, Ini 8 Langkah Menanganinya
“Pada intinya sakit kerongkongan bukan sebuah keadaan yang memberikan ancaman kesehatan. Keluh kesahnya tidak selalu harus ditangani oleh konsumsi beberapa obat. Langkah menangani sakit kerongkongan bisa juga dengan penyembuhan rumahan yang cukuplah sederhana. Dimulai dari konsumsi air putih sampai memperbanyak istirahat.”

Halodoc, Jakarta – Sakit kerongkongan sebetulnya tidak selamanya harus ditangani dengan konsumsi beberapa obat. Karena, ada banyak perawatan rumahan untuk menurunkan tanda-tandanya secara alami. Oleh karena itu, seharusnya kenalilah cara-cara alami untuk menangani sakit kerongkongan itu. Maksudnya sudah pasti supaya tanda-tandanya tidak makin kronis. Ingin tahu apa triknya? Yok baca penjelasannya di sini!

Kenali Dahulu Apa Pemicu Sakit Kerongkongan

Saat sebelum mengulas berkaitan bagaimanakah cara menangani sakit kerongkongan, kamu perlu ketahui apa pemicu keadaan itu. Karena, sakit kerongkongan tidak cuman bisa disebabkan karena factor tunggal saja, banyak keadaan yang dapat memacu keluh kesah ini.

Dimulai dari penyakit yang disebabkan karena infeksi virus, bakteri, alergi, bahkan juga sampai COVID-19. Nach, berikut penjelasan dari beberapa pemicu itu, yakni:

Infeksi Virus

Sakit kerongkongan sebagai salah satunya tanda-tanda umum akan infeksi beberapa virus, misalkan misalnya:

  • Pilek.
  • Flu (influenza).
  • Mono (mononukleosis).
  • Campak
  • Cacar air.

Croup – penyakit periode kanak-kanak umum yang diikuti dengan batuk yang keras dan menggonggong.

Infeksi bakteri

Beberapa infeksi bakteri menjadi pemicu sakit kerongkongan. Contoh yang umum ialah Streptococcus pyogenes (group A streptococcus) yang mengakibatkan radang kerongkongan.

Pemicu Yang lain

Selainnya infeksi bakteri serta virus, ada banyak pemicu yang lain dapat memacu berlangsungnya sakit kerongkongan. Berikut beberapa pemicu lain itu, diantaranya:

  • Alergi. Seperti alergi pada bulu-bulu hewan piaraan, jamur, debu, dan serbuk sari bisa mengakibatkan sakit kerongkongan.
  • Udara yang kering. Udara di dalam ruang yang kering bisa membuat kerongkongan berasa kasar dan gatal, hingga memacu sakit kerongkongan.
  • Paparan bahan kimia yang membuat iritasi kerongkongan. Misalnya asap rokok, alkohol, sampai pencemaran udara.
  • Kemelut otot (muscle tension) karena berteriak atau bicara dalam waktu lama.
  • GERD.
  • Tumor.

COVID-19

Sakit kerongkongan di tengah-tengah wabah COVID-19 jangan dipandang sepele. Terlebih bila keluh kesah ini tidak juga lebih baik, dan dibarengi oleh tanda-tanda COVID-19 yang lain. Misalkan seperti demam, batuk kering, hidung beringus, sampai anosmia. Masalahnya keadaan ini dapat mengidentifikasi ada gempuran virus SARS-CoV-2 sebagai pemicu penyakit COVID-19.

Ini Langkah Menangani Sakit Kerongkongan

Pada umumnya kasus, sakit kerongkongan umumnya bukan keadaan yang penting dicemaskan. Keadaan ini umumnya lebih baik sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Selainnya memakai beberapa obat, ada bermacam langkah menangani sakit kerongkongan yang dapat dicoba.

Ingin seperti apakah langkah menangani sakit kerongkongan dengan alami? Nach, berikut langkah menangani kerongkongan menurut pakar di National Institutes of Health US dan National Health Servis UK, yakni:

  • Minumlah cairan yang menentramkan kerongkongan. Misalnya cairan hangat, seperti teh lemon dengan madu, atau cairan dingin, seperti air es.
  • Minum banyak air.
  • Konsumsi makanan dingin atau lunak.
  • Kumur seringkali satu hari sama air garam hangat (1/2 sdt atau 3 gr garam dalam secangkir atau 240 mililiter air). Anak-anak tidak direferensikan untuk cobanya.
  • Menghisap es batu atau permen es. Tetapi, tidak boleh beri anak kecil apa karena beresiko terselak.
  • Pakai vaporizer atau humidifier untuk melembapkan udara dan menentramkan kerongkongan yang kering dan ngilu.
  • Jauhi rutinitas merokok atau tempat berasap.
  • Memperbanyak istirahat.

Kenali Langkah Menghindarinya

Langkah terbaik untuk menahan sakit kerongkongan dengan menghindar kuman yang mengakibatkan dan mengaplikasikan pola hidup yang bersih. Misalnya seperti menghindar sentuh muka saat sebelum membersihkan tangan, membersihkan tangan dengan sabun dan air dengan teratur, tutup hidung dengan tisu setiap bersin, sampai menghindar memakai alat makan berganti-gantian. Disamping itu, yakinkan untuk menghindar berjumpa orang yang sakit dan bersihkan beberapa benda individual secara baik.

Nach, itu cara-cara menangani sakit kerongkongan yang dapat kamu coba di dalam rumah. Bila beberapa cara di atas tidak efisien, atau tanda-tanda sakit kerongkongan semakin mengalami perkembangan, coba konsumsi beberapa obat. Tetapi, seharusnya kontrol diri kamu lebih dulu ke dokter saat sebelum konsumsi beberapa obat. Maksudnya supaya pemicu dari sakit kerongkongan bisa betul-betul dijumpai, hingga dokter bisa memberi resep pemakaian beberapa obat yang akurat.

Obat-obat yang dapat dimakan misalnya paracetamol, acetaminophen, atau ibuprofen. Yakinkan tidak untuk konsumsi antibiotik tanpa resep dan saran dokter. Karena, mayoritas sakit kerongkongan biasanya disebabkan karena infeksi virus, bukan bakteri.

Bila kamu alami sakit kerongkongan yang tidak juga lebih baik, cepatlah memeriksa diri ke dokter. Lewat program Halodoc, kamu dapat membuat janji rumah sakit sama dokter opsimu. Tentu saja tanpa perlu berbaris atau menanti lama . Maka nantikan apalagi? Yok, unduh Halodoc saat ini!

Tinggalkan komentar