Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri & Contohnya di Indonesia

Monopoli ialah satu istilah yang sebetulnya benar-benar dekat sama kehidupan setiap hari. Sudah pernahkah Anda mendapati satu usaha atau produk yang hanya dipunyai satu perusahaan saja? Ya, itu monopoli. Pasar monopoli ialah satu diantara beragam tipe pasar yang berada di Indonesia. …

Pasar Monopoli Pengertian, Ciri-Ciri & Contohnya di Indonesia

Monopoli ialah satu istilah yang sebetulnya benar-benar dekat sama kehidupan setiap hari. Sudah pernahkah Anda mendapati satu usaha atau produk yang hanya dipunyai satu perusahaan saja? Ya, itu monopoli.

Pasar monopoli ialah satu diantara beragam tipe pasar yang berada di Indonesia. Tetapi, kenapa dapat terjadi pasar monopoli? Apa ciri-ciri dan efeknya untuk ekonomi? Baca keterangan selengkapnya berikut!

Apakah itu Monopoli?

Monopoli ialah kondisi di mana satu usaha terkuasai oleh satu perusahaan atau pasar dan tidak mempunyai kompetitor. Umumnya, produk atau jasa dari perusahaan monopoli adalah keperluan yang sering diperlukan warga.

Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 mengenai Larangan Praktik Monopoli dan Kompetisi Usaha Tidak Sehat, monopoli ialah kepenguasaan atas produksi dan/ marketing barang dan/ atas pemakaian jasa tertentu oleh satu aktor usaha atau satu barisan aktor usaha.

Dengan demikian, bisa disebutkan perusahaan monopoli dapat mendapat keuntungan optimal sekalian memungkinkannya mereka menjadi pengontrol pasar dan pengontrol harga.

Pemicu Berlangsungnya Monopoli

Minimal, ada tiga argumen sebagai pemicu khusus berlangsungnya pasar monopoli. Pemicu itu diantaranya seperti berikut.

Monopoli by nature

Pemicu pertama berlangsungnya monopoli ialah lewat cara natural atau monopoli by nature, seperti saat perusahaan itu berada dekat sama sumber daya yang dipakai. Letak geografis atau cuaca dari lokasi dapat memberikan dukungan perusahaan itu menjadi perusahaan salah satu penyuplai produk atau jasanya.

Monopoli by law

Sama sesuai namanya, monopoli by law ialah berlangsungnya monopoli karena ada ketentuan atau undang-undang yang berjalan. Ini diperuntukkan untuk membikin produk atau jasa terkait dengan keperluan warga, dan harga dapat dikontrol oleh pemerintahan.

Monopoli by licence

Pemicu paling akhir berlangsungnya monopoli ialah monopoli by license yakni karena perusahaan berkaitan mempunyai hak paten atas kekayaan cendekiawan yang dipunyai, misalkan perusahaan Microsoft.

Ciri-Ciri Monopoli

Dari pemahaman apakah itu monopoli, tentu saja Anda bisa pahami secara baik mengenai watakistiknya pada umumnya. Nach, untuk dapat lebih mengenali pasar atau perusahaan monopoli, ada banyak ciri-ciri yang perlu disanggupi supaya betul-betul dapat disebutkan monopoli.

Lebih detilnya, beberapa ciri monopoli ialah seperti berikut:

Cuman ada satu perusahaan atau penyuplai
Seperti sudah disentil awalnya jika ciri-ciri monopoli ialah cuman ada satu perusahaan atau penyuplai. Maknanya, sumber daya untuk membikin produk atau jasa seutuhnya terkuasai perusahaan itu.

Tidak ada barang substitusi atau alternatif
Karena tidak ada penyuplai yang lain, karena itu beberapa customer pun tidak memiliki alternative lain seperti barang substitusi atau alternatif.

Price maker
Seperti keterangan awalnya, beberapa perusahaan monopoli dapat mendapatkan keuntungan yang besar hasil dari wewenang mereka tentukan sendiri harga produk, hingga disebutkan sebagai price maker.

Calon pendatang baru kesusahan untuk masuk pasar
Ciri-ciri paling akhir dari pasar monopoli ialah beberapa pendatang akan menjumpai banyak kendala saat ingin masuk pasar itu. Ini karena ke-3  ciri-ciri awalnya, yakni perusahaan bisa tentukan harga sendiri dan customer telah terlatih tidak untuk punyai opsi terkecuali beli produk atau jasa di perusahaan itu.

Keunggulan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Sesudah ketahui ciri-cirinya, tentu tebersit di pemikiran Anda begitu merugikannya pasar monopoli, benar tidak? Lebih detilnya, beberapa kekurangan monopoli ialah:

Bikin rugi customer

Seperti keterangan barusan, customer tidak mempunyai alternative produk lain selainnya produk atau jasa dari perusahaan monopoli.

Ini menyebabkan customer harus beli produk atau jasa itu walau harga yang terpasang sering dinaikkan atau condong tidak logis. Hingga, perusahaan pun tidak takut kehilangan mereka dan bisa jadi memberikan service kurang maksimal.

Memacu timbulnya pasar gelap

Kekurangan lain dari pasar monopoli ialah memacu timbulnya pasar gelap, di mana pasar itu jual produk sama tetapi secara ilegal. Pasar gelap memungkinkannya konsumen memperoleh produk pada harga lebih dapat dijangkau dibanding di pasar monopoli.

Perlu ongkos besar

Kekurangan paling akhir dari monopoli ialah perusahaan harus mempunyai ongkos besar untuk selalu memonopoli pasar dengan memakai beragam tehnologi terkini.

Tetapi, dari sisi rugi yang disebut barusan, pasar monopoli rupanya memberikan keuntungan tertentu khususnya pada beberapa aktornya, diantaranya:

  • Tingkat persaingan rendah.
  • Tidak takut kehilangan customer.
  • Kenaikan pengembangan dan kreasi supaya customer masih tetap senang dan setia.
  • Karena tidak ada kompetitor, perusahaan monopoli bisa jalankan operasinya lebih efektif, dan mereka bebas dalam meningkatkan gagasan dan pengembangan yang diperlukan tanpa masalah dari pesaing.

Monopoli di Indonesia

Karena sejumlah kerugian yang karena aktivitas monopoli di atas, tentu saja harus ada peraturan khusus supaya praktek pasar monopoli tidak digerakkan sewenang-wenang.

Di Indonesia sendiri, instansi yang berkuasa untuk memantau praktik monopoli ialah KPPU (Komisi Pemantauan Kompetisi Usaha), di mana pekerjaannya sudah ditata dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 mengenai diwujudkannya ekonomi nasional yang efektif dan menyejahterakan rakyat.

Contoh Pasar Monopoli

Di Indonesia, contoh-contoh perusahaan monopoli ialah PLN, Pertamina, dan PDAM yang mana ke-3  perusahaan itu dijadikan penyuplai khusus listrik, bahan bakar, dan air bersih untuk keperluan warga.

Dan di luar negeri, contoh perusahaan monopoli salah satunya ada Google, Microsoft, sampai Facebook. Beberapa dari mereka memiliki kompetitor, tetapi belum sebanding dengan kemampuan dan kebesaran beberapa perusahaan itu.

Itu pembahasan berkenaan apakah itu pasar monopoli dan info komplet seputarnya. Dari keterangan di atas bisa dimengerti jika pasar monopoli ialah pasar yang sudah dikuasai dan susah dimasuki beberapa pelaku bisnis baru.

Tinggalkan komentar