Inilah Penyebab Kaki Kram dan Cara Menanganinya

Kram otot, baik yang terjadi pada tempat kaki atau tempat yang lain, sebagai kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara mendadak. Kram dapat berjalan sepanjang beberapa menit sampai beberapa saat dan biasa terjadi pada …

Cara Menangatasi Kram

Kram otot, baik yang terjadi pada tempat kaki atau tempat yang lain, sebagai kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara mendadak. Kram dapat berjalan sepanjang beberapa menit sampai beberapa saat dan biasa terjadi pada kaki. Kram kaki kerap kali terjadi pada malam hari saat kaki kita tertekuk.

Beragam Pemicu Kaki Kram

Berikut beragam pemicu dan factor yang tingkatkan resiko kaki kram:

Penekanan pada saraf

Penekanan pada saraf tulang belakang dapat membuat kaki kram dan berasa ngilu. Ngilu dapat makin berasa bila Anda jalan kaki dalam waktu yang lama. Jalan dengan status sedikit membungkuk di depan umumnya bisa memudahkan ngilu.

Supply darah yang tidak mencukupi

Persempitan pembuluh darah yang menyalurkan darah ke kaki bisa memunculkan ngilu, misalkan kram di kaki saat olahraga. Kram kaki ini umumnya lenyap secara cepat sesudah istirahat.

Kehamilan

Keadaan kram telah terbiasa terjadi pada ibu hamil, khususnya saat bulan-bulan paling akhir kehamilan. Peluang ini terjadi karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena saluran darah ke kaki yang kurang lancar.

Cidera

Alami cidera atau memakai otot terlalu berlebih bisa juga mengakibatkan kram kaki.

Kelamaan duduk, berdiri kelamaan di permukaan yang keras, kurang pemanasan saat sebelum olahraga, atau menempatkan kaki pada status yang tidak nyaman sepanjang tidur dapat membuat otot kaki menegang atau kram.

Kekurangan mineral
Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium dapat mengakibatkan kaki kram.

Dehidrasi
Dehidrasi, yakni keadaan di mana badan kekurangan cairan, bisa juga memacu kram kaki. Dehidrasi berat bisa mengakibatkan masalah elektrolit yang selanjutnya mengakibatkan kaki kram.

Efek dari beberapa obat
Beberapa obat tertentu, seperti pil kontrasepsi, diuretik, statin, dan obat asma, bisa juga tingkatkan resiko alami kram.

Infeksi
Infeksi, misalkan tetanus, dapat mengakibatkan kaku otot dan kram.

Penyakit hati
Penyakit yang mengikutsertakan organ hati dapat mengakibatkan kram pada kaki. Saat organ hati tidak dapat bekerja yang baik, toksin pada darah akan bertambah dan dapat mengakibatkan otot kram.

Keadaan klinis yang lain

Selainnya ke-9 keadaan di atas, penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau masalah saraf beresiko tingkatkan berlangsungnya kram kaki.

Langkah Tangani Kram Kaki

Ada cara-cara yang bisa dilaksanakan untuk tangani kram, diantaranya:

Stop kegiatan dan lemaskan otot

Lakukan pengenduran enteng, misalkan dengan gerakkan kaki atau jalan pelan-pelan, sesudah beraktivitas secara intensif.

Pijat

Memijat sisi otot yang menegang dapat menolong menurunkan kram. Tetapi, tidak boleh memijat kaki kram terlampau kencang karena bisa semakin menambah kaki jadi ngilu.

Kompres

Kompres atau mandi sama air panas dapat menolong mangatasi kram. Tetapi, langkah ini tidak disarankan untuk pasien diabetes atau cidera saraf tulang belakang. Disamping itu, memadukan kompres hangat dengan kompres dingin dapat menolong memudahkan kaki kram.

Minum air putih

Minumlah air putih atau minuman yang memiliki kandungan elektrolit untuk isi cairan badan. Langkah ini kemungkinan memerlukan saat yang lebih lama, tetapi dapat menahan berlangsungnya kram selanjutnya.

Mengonsumsi makanan kaya magnesium

Jika Anda kerap alami kram kaki yang tidak berkaitan dengan keadaan kesehatan yang lain, Anda dapat konsumsi makanan seperti kacang-kacangan dan beberapa bijian yang kaya magnesium.

Jika memang perlu, Anda dapat konsumsi suplemen magnesium. Tetapi untuk ibu hamil, seharusnya konsultasi dulu sama dokter jika ingin konsumsi suplemen ini.

Pakai beberapa obat penurun sakit

Anda dapat konsumsi obat pembasmi merasa sakit, seperti paracetamol atau gel pembasmi ngilu, sama sesuai panduan pemakaian.

Untuk menahan kram tiba kembali, coba untuk kadang-kadang lakukan pijatan di bagian badan yang kerap kram, lakukan pemanasan saat sebelum olahraga, memenuhi keperluan air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan yang lain. Disamping itu, gunakanlah alas kaki yang pantas dan nyaman untuk bergerak.

Bila keluh kesah kaki kram kerap ada tanpa dijumpai tentu pemicunya, seharusnya Anda konsultasi sama dokter untuk memperoleh pengecekan dan pengatasan yang tepat.

Tinggalkan komentar