Haid Tidak Teratur? Berikut Daftar Pelancar Haid Alami yang Patut Dicoba

Transisi haid yang tidak teratur bisa disebabkan karena beragam keadaan. Dimulai dari dampak pemakaian beberapa obat tertentu, kebanyakan olahraga, sampai depresi. Beberapa keadaan ini bisa mengganti hormon estrogen dan progesteron hingga agenda menstruasi dipengaruhi. Berikut ialah beberapa opsi …

Pelancar Haid Alami yang Patut Dicoba

Transisi haid yang tidak teratur bisa disebabkan karena beragam keadaan. Dimulai dari dampak pemakaian beberapa obat tertentu, kebanyakan olahraga, sampai depresi. Beberapa keadaan ini bisa mengganti hormon estrogen dan progesteron hingga agenda menstruasi dipengaruhi. Berikut ialah beberapa opsi pelancar haid alami yang dapat Anda coba.

Opsi bahan alamiah untuk pelancar haid

Sampai saat ini belum ada riset yang bisa pastikan kehebatan bahan tradisionil untuk pelancar haid secara alami.

Tetapi, tidak ada kelirunya coba beberapa bahan berikut untuk memperlancar kembali transisi haid yang tidak teratur.

Biasanya, beberapa bahan alami berikut mempunyai efek yang lebih kurang dibanding bila Anda harus minum obat kimia. Tidak itu saja, ramuan obat herbal pelancar haid ini dapat dibikin secara mudah di dalam rumah.

Jahe

Jahe sebagai salah satunya bahan alamiah yang sering dipakai dalam menangani beragam penyakit, terhitung pelancar haid. Untuk memperlancar transisi haid, jahe bisa dimakan secara mentah atau diambil konsentratnya.
Berdasar laporan yang dipublikasi pada Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences, jumlah konsentrat jahe yang pas untuk membikin ramuan obat herbal pelancar haid ialah 2,5-3 ml.

Air rebusan jahe (atau konsentratnya bisa digabung ke air atau teh) dapat dcampur dengan madu dan lemon supaya rasanya lebih nikmat.

Selainnya sebagai obat pelancar haid alami, ramuan jahe bisa juga menurunkan rasa ngilu atau kram perut saat menstruasi yang dikenali sebagai tanda-tanda premenstrual syndrome (PMS).

Kayu manis

Kayu manis sebagai tanaman herbal yang bisa menolong atur kandungan insulin pada tubuh. Kandungan insulin yang tinggi mempengaruhi kerja hormon menstruasi hingga transisi menstruasi jadi tidak teratur.

Seperti yang diperlihatkan pada salah satunya study dari Columbia University Medical Center, kayu manis mempunyai potensi memperlancar transisi menstruasi wanita yang alami polycystic ovary syndrome (PCOS) atau masalah produksi ovarium.

Untuk memproses kayu manis jadi obat pelancar haid alami, Anda dapat konsumsi 500 miligram kayu manis atau sama dengan 2-4 ml yang digabungkan ke teh sekitar 3x dalam satu hari.

Kunyit

Kunyit terkenal dipakai sebagai obat herbal untuk mengobati beragam permasalahan kesehatan. Bahan alamiah ini dipercaya mempunyai peranan yang serupa dengan hormon estrogen. Itu penyebabnya kunyit untuk wanita haid dipercaya bisa menolong jadi obat pelancar haid alami.

Anda bisa konsumsi 100-500 mg kunyit 2 hari sekali. Anda bisa menambahnya dengan teh, madu, atau susu.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bisa menolong menangani infeksi pada tubuh. Tidak itu saja, bahan pelancar haid alami ini bisa juga menolong menangani rasa ngilu dan peralihan suasana hati.

Oleh karenanya, minum ramuan kunyit juga disarankan saat menstruasi berjalan.

Nanas

Oligomenorrhea ialah keadaan di mana transisi menstruasi berjalan tidak teratur, bahkan juga masa ketertinggalan menstruasi dapat semakin lama dari 35 hari. Keadaan ini dapat disebabkan karena infeksi pada tubuh.

Nanas memiliki kandungan enzim yang memiliki sifat antiperadangan, yakni bromelain. Kandungan anti-oksidan dalam buah nanas berguna juga dalam kurangi infeksi yang mengakibatkan kram perut saat haid.

Oleh karenanya, banyak mempercayai nanas menjadi obat pelancar haid alami yang efisien.

Anda bisa memproses nanas jadi juice dan meminum dengan teratur setiap hari. Untuk mendapat faedah maksimumnya Anda minimal harus makan 7 sampai 10 buah nanas fresh pada sebuah waktu.

Cuka sari apel

Pasien PCOS umumnya sering alami permasalahan telat menstruasi. Konsumsi cuka sari apel tiap hari bisa menolong haid menjadi lebih lancar.

Sebuah riset yang dipublikasi Tohoku Medical Press menunjukkan hasil janjikan dari pemakaian bahan ini sebagai obat herbal pelancar haid.

Namun, masih dibutuhkan penelitan selanjutnya untuk mengetes efektifitas dan besaran jumlah tentu dari cuka sari apel ini.

Walau seluruh bahan alami lebih kurang efek dibanding dengan beberapa obat kimia untuk pelancar haid, yakinkan Anda tidak mempunyai alergi. Bila Anda sangsi, coba untuk tanyakan sama dokter untuk memperoleh jawaban tentu.

Tinggalkan komentar