Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit di kepala dapat serang siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Tanda-tanda sakit di kepala yang muncul bisa juga berbagai macam pada tiap orang. Tetapi, jangan dibiarkan sakit di kepala sampai mengusik kegiatan …

Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit di kepala dapat serang siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Tanda-tanda sakit di kepala yang muncul bisa juga berbagai macam pada tiap orang. Tetapi, jangan dibiarkan sakit di kepala sampai mengusik kegiatan yang umum Anda kerjakan. Ada beragam langkah untuk hilangkan, menangani, atau menurunkan sakit di kepala yang dapat dicoba berikut di bawah ini.

Beragam langkah dan panduan hilangkan sakit di kepala

Pemicu sakit di kepala dan tanda-tanda yang dirasa pada tiap orang dapat bermacam. Kadang, pemicunya tidak dikenali, tapi sakit di kepala dapat menjadi pertanda dari satu keadaan klinis atau penyakit tertentu. Mayo Clinic menyebutkan, ketahui ketidaksamaan pemicu dan tanda-tanda ini bisa menolong Anda dan dokter untuk tentukan tipe sakit di kepala yang dirasakan.

Adapun tiap tipe sakit di kepala memerlukan pengatasan yang lain. Misalkan, sakit di kepala sekunder bisa berkurang jika penyakit yang mengakibatkan termonitor, atau sakit di kepala tegang bisa menyusut jika depresi atau otot disekitaran leher kepala yang menegang terselesaikan.

Tetapi, selainnya cara itu, ada banyak panduan yang dapat Anda coba untuk menolong memudahkan, kurangi, atau bahkan juga mengobati sakit di kepala yang Anda alami. Berikut cara-cara, panduan, atau trick untuk menolong hilangkan sakit di kepala secara cepat yang dapat Anda coba:

Memperbanyak minum air

Faedah minum air putih dengan cukup benar-benar bermacam, terhitung menjadi langkah untuk menangani sakit di kepala. Dengan minum banyak air putih, dehidrasi bisa terselesaikan. Adapun beberapa riset menyebutkan, dehidrasi ialah penyebab umum sakit di kepala, terhitung migrain.

Selainnya kurangi sakit di kepala, memperbanyak minum air putih dapat menolong menahan sakit di kepala ada kembali pada periode kedepan. Untuk merealisasikan hal itu, Anda bisa bawa botol air minum ke mana saja Anda pergi dan minum terus selama seharian, khususnya demikian mulai berasa haus. Disamping itu, Anda juga dapat menangani dehidrasi dengan perbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air.

Kompres tempat kepala dengan es

Saat kepala Anda sedang cenat-cenut karena sakit di kepala samping atau migrain, langkah tercepat untuk menangani nyerinya dengan mengompres dahi atau pelipis dengan lap dingin. Kompres dingin bisa menghalangi pelepasan beberapa zat perangsang infeksi yang bergerak ke arah kepala hingga dapat kurangi ngilu.

Untuk lakukan ini, Anda dapat memakai waslap dingin dan basah atau isi kantong kecil dengan es dan buntel dengan handuk atau kain halus. Taruh kompres di bagian kepala yang sakit sepanjang 10-15 menit. Jika ingin melakukan kembali, beri interval dahulu sepanjang 15 menit.

Pakai heating pad atau kompres hangat

Berlainan bila Anda alami sakit di kepala type kemelut (tension headache). Pada sakit di kepala tipe ini, Anda bisa memakai bantalan pemanas (heating pad) di leher atau sisi belakang kepala Anda sebagai langkah untuk kurangi ngilu dan menurunkan tegang otot yang telah berjalan lama.

Bila tidak mempunyai heating pad, Anda dapat membuat kompres hangat sendiri dengan handuk yang sudah dipendam di air hangat atau botol yang berisi air hangat. Disamping itu, mandi atau merendam air hangat juga dapat menjadi satu diantara langkah untuk menyembuhkan tipe sakit di kepala ini.

Jauhi penekanan pada tempat kepala

Saat sakit di kepala serang, sedapat mungkin singkirkan penekanan berlebihan yang berada di tempat kepala. Masalahnya sakit di kepala terkadang bisa dipacu oleh ikat rambut yang terlampau kencang, topi yang kesempitan, menggunakan kacamata kelamaan atau yang terlalu kecil, sampai menggunakan bandana (ikat kepala) saat olahraga.

Lembekkan ikatan pada tempat kepala Anda atau terlepas dahulu semua aksesori yang melekat di kepala sampai sakitnya berkurang sendiri.

Istirahat pada tempat temaram atau gelap

Sinar jelas dan berkedip-kedip, atau sinar silau dari monitor computer dapat mengakibatkan berlangsungnya sakit di kepala dan migrain. Oleh karenanya, jika sakit di kepala berasa makin kronis, bergerak dahulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di lokasi yang kurang sinar.

Matikan lampu dan tutup jendela dengan rapatkan gorden. Buat situasi ruang setenang kemungkinan, jauh dari keramaian. Jika Anda sedang keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, kenakan kacamata hitam menjadi langkah untuk hilangkan sakit di kepala tanpa obat.

Stop kunyah

Bila sedang sakit di kepala, jauhi dahulu kunyah makanan yang keras-keras dan lekat, terhitung permen karet. Ini bukan hanya membuat rahang Anda pegal, tapi bisa juga jadi parah sakit di kepala Anda.

Dari sebuah riset diketemukan, kunyah permen karet bisa memacu gempuran sakit di kepala, khususnya pada tipe sakit di kepala tegang dan migrain. Oleh karenanya, seharusnya Anda hentikan rutinitas ini jika Anda sedang sakit di kepala untuk menolong menyembuhkan tanda-tanda itu.

Tidur yang memadai

Kadang, sakit di kepala dapat ditangani cukup dengan membenahi jadwal tidur Anda. Jika kekurangan tidur dapat menjadi satu diantara pemicunya, mempunyai waktu tidur yang memadai bisa menjadi satu diantara langkah untuk hilangkan sakit di kepala tanpa obat. Tidak itu saja, tidur yang memadai dengan kegiatan rutin yang teratur bisa juga turunkan frekwensi atau bahkan juga menahan sakit di kepala pada periode kedepan.

Tinggalkan komentar