10 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pola hidup Anda dan opsi makanan Anda bisa memengaruhi mekanisme pencernaan, lho! Kerjakan beberapa langkah untuk tingkatkan kesehatan pencernaan, supaya mekanisme pencernaan Anda berperan secara baik. Makan diet tinggi serat Konsumsi makanan yang tinggi serat …

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pola hidup Anda dan opsi makanan Anda bisa memengaruhi mekanisme pencernaan, lho!

Kerjakan beberapa langkah untuk tingkatkan kesehatan pencernaan, supaya mekanisme pencernaan Anda berperan secara baik.

  1. Makan diet tinggi serat

Konsumsi makanan yang tinggi serat dan kaya beberapa bijian, sayur, kacang-kacangan, dan buah-buahan bisa tingkatkan kesehatan pencernaan Anda. Disamping itu menolong menahan atau menyembuhkan beragam keadaan pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar, dan menjaga berat tubuh yang sehat.

  1. Konsumsi serat yang tidak terlarut dan terlarut

Penting untuk konsumsi ke-2 tipe serat, karena mereka menolong membuat lancar mekanisme pencernaan Anda secara berlainan.

  1. Awasi makanan yang tinggi lemak

Pada umumnya, makanan banyak mengandung lemak condong perlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rawan alami sembelit. Konsumsi makanan berlemak bersama makanan memiliki serat tinggi supaya lebih gampang diolah.

  1. Tentukan daging tanpa lemak

Protein ialah sisi penting dari diet sehat, tapi potongan daging berlemak bisa mengakibatkan pencernaan tidak nyaman. Saat Anda makan daging, tentukan potongan tanpa lemak, seperti daging ayam tanpa kulit.

  1. Masukan probiotik ke makanan Anda

Probiotik ialah tipe bakteri sehat yang serupa yang alami berada di aliran pencernaan Anda, yang menolong mempertahankan kesehatan badan dengan melawan dampak dari diet yang jelek, antibiotik, dan depresi. Disamping itu, probiotik bisa tingkatkan peresapan gizi, bisa menolong merusak laktosa, perkuat mekanisme ketahanan tubuh Anda. Konsumsi sumber probiotik yang bagus seperti yogurt rendah lemak atau kefir, tiap hari.

  1. Makan sama sesuai agenda

Konsumsi makanan dan cemilan dengan teratur bisa menolong jaga mekanisme pencernaan Anda masih tetap sempurna . Maka coba makan pagi, makan siang, makan malam, dan camilan sekitaran jam yang serupa tiap hari.

  1. Masih tetap terhidrasi

Minum banyak air bagus untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat menarik air ke usus besar untuk membikin tinja yang lebih lunak dan semakin besar, yang memungkinkannya mereka untuk melalui lebih gampang.

  1. Acuhkan rutinitas jelek: merokok, cafein terlalu berlebih, dan alkohol

Minuman keras, kopi, dan rokok bisa mengusik peranan mekanisme pencernaan Anda, dan mengakibatkan permasalahan seperti bisul perut dan mulas.

  1. Olahraga dengan teratur

Olahraga teratur menolong jaga makanan bergerak lewat mekanisme pencernaan dan kurangi sembelit. Olahraga dapat menolong Anda menjaga berat tubuh yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Menjadikan latihan olahraga teratur jadi agenda mingguan Anda.

  1. Urus depresi

Kebanyakan depresi atau kekhawatiran bisa mengakibatkan mekanisme pencernaan Anda bekerja lebih keras. Dapatkan aktivitas yang kurangi depresi yang Anda cicipi dan kerjakan dengan teratur.

Tinggalkan komentar