Cara Cepat Mengeringkan Baju. Cocok untuk Musim Hujan

Mengeringkan baju, terutama pada musim hujan memang sangatlah sulit. Baju yang biasanya kering saat menjelang sore, bisa sampai berhari-hari tidak kering pada musim hujan. Yang menjadi masalah adalah ketika stok baju bersih sang buah hati …

Cara Cepat Megeringkan Baju

Mengeringkan baju, terutama pada musim hujan memang sangatlah sulit. Baju yang biasanya kering saat menjelang sore, bisa sampai berhari-hari tidak kering pada musim hujan.

Yang menjadi masalah adalah ketika stok baju bersih sang buah hati sudah mulai menipis dan cucian tak kunjung kering juga. Atau ketika Bunda sedang haid, tentu stok celana dalam juga harus mencukupi. Bagaimana cara mensiasatinya?

Cara Cepat Mengeringkan Baju. Cocok untuk Musim Hujan

Saat mesin cuci Bunda rusak, atau belum memiliki mesin cuci, Bunda bisa mempraktekkan cara agar baju cepat kering tanpa mesin cuci berikut ini.

1. Peras Kuat Pakaian Basah Agar Cepat Kering

Cara mengeringkan baju tanpa mesin cuci yang pertama yaitu dengan memeras kuat pakaian basah Bunda. Pegang dengan kuat pakaian, kemudian putar dan tarik kain untuk mengeluarkan air sebanyak banyaknya. Semakin banyak air yang keluar, akan semakin cepat kering pakaian yang akan Bunda jemur.

2. Manfaatkan Handuk untuk Mengeringkan Pakaian

Untuk membantu proses pengeringan pakaian tanpa mesin cuci selanjutnya adalah dengan bantuan handuk. Begini caranya: 

  1. Peras pakaian dengan kuat.
  2. Bentangkan handuk pada permukaan yang datar. 
  3. Pada atas handuk, letakkan pakaian yang hendak dikeringkan (yang sudah diperas manual). 
  4. Gulung handuk yang sedah menyatu dengan pakaian. 
  5. Peras gulungan tersebut untuk meminimalisir kadar air.
  6. Jemur pakaian pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

3. Jemur Pakaian dengan Menggantungnya Secara Terpisah

Menggantung pakaian secara terpisah dan berjarak juga bisa membantu Bunda untuk mengeringkan pakaian lebih cepat. Hal ini ditujukan agar aliran udara yang masuk pada serat pakaian menjadi lebih lancar. Pakaian pun akan cepat mengering.

4. Jemur Baju pada Tempat yang Memiliki Banyak Udara

Jika pada musim panas, Bunda bisa menjemur baju di halaman yang terkena terik matahari untuk mempercepat proses pengeringan. Namun, ketika musim hujan tiba, Bunda tetap bisa mengeringkan pakaian lebih cepat dengan cara memilih tempat jemur yang memiliki banyak udara. 

Jemurlah pakaian pada tempat yang memiliki pertukaran udara yang baik, seperti di dekat jendela, atau pada ruang kosong yang sedikit luas. Atau bisa juga dijemur di bawah kipas angin yang menyala.

5. Pakai Hanger untuk Menggantung baju

Saat bunda sudah melakukan hal-hal di atas dan pakaian belum juga kering, gunakan hanger untuk menggantung baju tersebut. Dengan memakai hanger baju, kita dapat lebih menghemat tempat menjemur. Efeknya, pakaian pun akan cepat kering tanpa memakai mesin cuci.

6. Membuat Tali Jemuran Darurat

Saat musim hujan pasti terjadi penumpukan jemuran yang belum kering sempurna. Cara menyiasati pakaian agar cepat kering ini adalah dengan membuat tali jemuran darurat. Bunda bisa membuat tali jemuran baru di teras rumah ataupun di dalam rumah untuk menampung cucian yang belum kering sempurna.

Begitulah beberapa cara cepat mengeringkan baju yang dilansir oleh Lestarimemorial  untuk Bunda semua. Bunda bisa melakukan semua tips di atas agar jemuran Bunda bisa cepat kering meski musim hujan tiba. 

Namun, meskipun begitu, hasil kering pakaian yang dijemur di terik matahari dan yang minim matahari ternyata berbeda. Bau apek kadang menyertai hasil kering pada pakaian yang tidak keringnya tidak murni terkena matahari.

Jangan khawatir, Bunda. Bunda bisa menghilangkan bau apek tadi dengan pewangi Downy yang paling wangi yang bisa menghilangkan bakteri dan bau apek pada pakaian saat musim hujan tiba. 

Produk pewangi Downy yang paling wangi itu adalah Downy Sunrise Fresh. Berkat Downy Sunrise Fresh Bunda tidak perlu lagi takut bau yang tidak sedap pada pakaian yang tidak kering sempurna saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar