Apa itu Komisi? Pengertian, Jenis dan Bedanya dengan Bonus

Di dunia sales, komisi ialah satu istilah yang tidak asing tentu saja. Nach, biasanya komisi diberi saat seorang sukses lakukan pemasaran melewati sasaran. Tetapi sebagian orang masih susah membandingkan di antara bonus dan komisi. Karena itu, ketahui dahulu yok dalam …

Apa itu Komisi Pengertian, Jenis dan Bedanya dengan Bonus

Di dunia sales, komisi ialah satu istilah yang tidak asing tentu saja. Nach, biasanya komisi diberi saat seorang sukses lakukan pemasaran melewati sasaran. Tetapi sebagian orang masih susah membandingkan di antara bonus dan komisi. Karena itu, ketahui dahulu yok dalam artikel OCBC berikut!

Apakah itu Komisi?

Apa Sahabat OCBC sudah mengetahui apakah itu komisi? Pada umumnya, komisi ialah gaji atau penghasilan tambahan atas terjualnya satu produk. Disamping itu, komisi dapat disimpulkan sebagai pendapatan tambahan atau penghargaan karena sudah capai atau melebihi sasaran pemasaran.

Dalam kata lain, komisi ialah imbalan atas perform pegawai (sales) saat lakukan pemasaran produk. Komisi bisa didasari pada prosentase gaji atau upah pegawai dan juga bisa didasari pada keuntungan yang dibuat.

Lalu, buat apa komisi diberi? Komisi di dunia pemasaran diperlukan sebagai stimulan yang menggerakkan pegawai supaya mempunyai kemauan untuk membikin produk terjual habis. Dalam kata lain, komisi dibayar pebisnis buat berikan motivasi pegawainya supaya bekerja baik. Komisi sering didapat pegawai atau sales di perusahaan walau banyak juga pegawai non pemasaran yang dapat terima pola komisi.

Lalu bagaimanakah langkah perusahaan memberi komisi? Makna komisi ialah gaji tambahan. Perusahaan bisa memutuskan untuk menjadikan pendapatan khusus atau memberikan upah dasar dan memberi komisi sebagai tambahan. Ada beragam tipe komisi yang dapat diputuskan dan akan diterangkan di bagian seterusnya pada artikel ini.

Apa sampai sini Anda telah pahami secara baik apakah itu komisi? Nach, selainnya komisi, dikenali juga istilah bonus. Apakah itu komisi dan bonus, dan apakah bedanya antara ke-2 nya? Lanjut baca info secara lengkap, ya.

Ketidaksamaan Komisi dan Bonus

Bila Anda sudah tahu apakah itu komisi, karena itu Anda bisa membandingkannya dari bonus secara mudah.

Komisi dan bonus memang sama terhitung ke pembayaran faktor atau tak tetap. Tetapi ada banyak ketidaksamaan antara ke-2 nya.

Komisi ialah gaji tambahan yang dibayar karena kekuatan pegawai dalam melewati sasaran, dan bonus ialah stimulan ke semuanya orang saat perusahaan memperoleh peningkatan keuntungan.

Hingga dapat disebutkan jika komisi didasari pada sasaran pegawai, dan bonus didasari pada keuntungan perusahaan dan performa pegawai tersebut. Disamping itu, istilah komisi lebih rekat dengan pegawai atau sisi pemasaran dari aktivitas usaha, sementara bonus mempunyai lingkup lebih umum.

Selanjutnya, berlainan dengan komisi, bonus ialah beberapa uang dengan nilai masih tetap yang hendak dibayar perusahaan bila pegawai sentuh tingkat batasan minimum sasaran.

Tipe Komisi

Sesudah ketahui apakah itu komisi, berikut keterangan berkenaan beberapa jenis komisi.

Straight commission
Apakah itu komisi sejenis straight commission? Sama sesuai namanya, straight commission ialah komisi dengan pembayaran penuh 100% . Maka, pegawai akan memperoleh semua hasil pemasaran sebagai gaji.

Tiered commission
Tiered commission ialah komisi dengan prosentase bertahap . Maka, seorang akan memperoleh prosentase semakin tinggi dari jatah pemasaran jika sanggup capai pemasaran semakin tinggi.

Gross margin
Seterusnya, apakah itu komisi sejenis gross margin? Gross margin ialah komisi di mana seorang memperoleh untung dari keuntungan satu produk . Maka, bila sebuah produk mempunyai nilai harga dasar Rp500.000, Anda dapat menjualnya dengan harga Rp600.000. Hingga komisi yang Anda dapatkan dari pemasaran itu adalah Rp100.000.

Revenue commission
Revenue commission ialah saat pegawai memperoleh komisi berbentuk prosentase hasil pemasaran. Berlainan dengan straight commision, komisi berupa revenue mengisyaratkan jika pegawai masih mempunyai upah dasar.

Commission draw
Commision draw ialah penjaminan komisi setiap bulannya hasil dari komisi awalnya . Maka, jika semestinya seorang memperoleh komisi Rp4.000.000 di bulan ini, dia cuman akan terima Rp2.000.000 dan bekasnya dibayar di bulan seterusnya.

Upah dasar dan komisi
Umumnya perusahaan memakai susunan upah dasar dan komisi, hingga jika seorang tidak bisa penuhi persyaratan untuk memperoleh komisi, dia masih terima upah dasar.

Base rate only
Kemungkinan sebagian dari Anda masih asing dengan apakah itu base rate only. Komisi tipe base rate only memberi gaji ke sales berdasar jam kerjanya. Mode komisi semacam ini telah banyak ditinggal karena dipandang kurang berikan motivasi pegawai.

Langkah Menulis Komisi

Sesudah ketahui apakah itu komisi, lantas bagaimanakah langkah lakukan pendataan pada komisi? Ada 2 pendataan yang hendak dibikin, yakni pada neraca keuangan perusahaan dan neraca keuangan individu mirip contoh di bawah ini.

Perusahaan Pelangi tentukan komisi pemasaran ialah 5% dari keseluruhan pemasaran sepanjang sebulan. Pak Andi sanggup mencatat pemasaran bulan Maret sebesar Rp25.000.000.

Komisi = Rp25.000.000 x 5% = Rp1.250.000

Pada perusahaan Pelangi, pendataan saat pembayaran komisi ialah seperti berikut:

Ongkos komisi pegawai Rp1.250.000 (Debet)
Kas Rp1.250.000 (Kredit)

Dan catatan keuangan untuk pak Andi ialah seperti berikut:

Kas Rp1.250.000
Penghasilan komisi Rp1.250.000

Begitu ulasan sekitar apakah itu komisi, dimulai dari tipe, langkah menulis, sampai bedanya dengan bonus. Saat ini, sudah mengetahui bukan bila Sahabat OCBC usaha lebih keras, bukan mustahil akan memperoleh komisi tambahan dari perusahaan.

Tinggalkan komentar