Apa itu IMF? Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Tugasnya

IMF ialah ringkasan dari International Monetary Fund, salah satunya organisasi internasional yang tangani permasalahan keuangan. Dalam Bahasa Indonesia, juga dikenal dengan Dana Moneter Internasional. Beberapa lalu, organisasi ini lebih banyak dibahas karena beritanya akan memberi utang ke Indonesia untuk tangani wabah …

Apa itu Dividen dalam Saham

IMF ialah ringkasan dari International Monetary Fund, salah satunya organisasi internasional yang tangani permasalahan keuangan. Dalam Bahasa Indonesia, juga dikenal dengan Dana Moneter Internasional.

Beberapa lalu, organisasi ini lebih banyak dibahas karena beritanya akan memberi utang ke Indonesia untuk tangani wabah Covid-19 . Maka, apa sebetulnya IMF dan bagaimana riwayat terciptanya. Yok dalami selanjutnya pada artikel berikut ini!

Apakah itu IMF?

Pada intinya, International Monetary Fund atau IMF ialah organisasi internasional yang beroperasi di sektor keuangan dan sering memberi utang dana ke beberapa negara anggota yang memerlukan kontribusi.

Peranan organisasi IMF ialah organisasi yang ada di tengah mekanisme moneter internasional penjuru dunia. Mekanisme itu salah satunya pembayaran dan nilai ganti mata uang. Dan, jadi sumber dana untuk persoalan neraca negara.

Basis besar IMF berada di Washington DC, Amerika Serikat. Sekarang ini, anggota IMF terbagi dalam 189 negara penjuru dunia. Salah satunya, ada 24 direktur eksekutif. Sampai saat ini, IMF sudah memberi kontribusi capai US$ 1 triliun untuk negara anggota dengan lebih dari 40 kesepakatan utang.

Berdasar catatan dari International Monetary Fund, dari keseluruhan negara peminjam itu, Ukraina, Portugal,Yunan dan Pakistan jadi negara dengan keseluruhan utang paling banyak (data diambil per September 2017).

Sampai hingga tahun 2010 lalu, jumlah cadangan dana yang sudah dikantongi IMF ialah sekitaran SDR 476,8 miliar atau sama dengan Rp 6,73 Kuadriliun jika dipandang dari nilai ganti di tahun itu.

Riwayat Terciptanya IMF

IMF dibangun di tahun 1944, bermula dari pertemuan PBB yang dikerjakan di Bretton Woods, Amerika Serikat. Saat itu, ada minimal 45 perwakilan negara yang sepakat akan ada rangka kerja sama ekonomi.

Arah dari kerja sama ekonomi itu ialah menghindar terjadi stres besar seperti pada tahun 1930 untuk ke-2  kalinya. Pas di tahun itu, beberapa negara alami ekonomi yang cukup kurang kuat.

Hingga, agar menjaga ekonominya, beberapa negara itu mengeluarkan peraturan kendala import. Tetapi, peraturan itu rupanya malah membuat ekonomi makin kurang kuat sampai pada akhirnya beberapa negara tidak mampu bertahan.

Ada keadaan itu beberapa perwakilan negara bertandang ke pertemuan di Bretton Woods buat membahas pasal-pasal persetujuan. Fungsinya untuk memantau mekanisme moneter internasional, kestabilan nilai ganti dan hapus limitasi ganti mengganti valuta asing.

Pada akhirannya, bulan Desember 1945 terciptalah organisasi internasional dengan cara resmi, sampai sekarang ini jadi IMF. saat itu, ada 29 negara yang bergabung di dalam dan bertandatangan dalam pasal-pasal kesepakatan.

Arah Berdirinya IMF

Terciptanya organisasi IMF atau Dana Moneter Internasional ini pasti bukan tanpa arah. Selainnya jadi sumber dana untuk beberapa negara anggota, adapun beberapa arah dari IMF ialah seperti berikut.

Mengawasi perubahan dan peraturan ekonomi
Pekerjaan IMF ialah lakukan pengawasan pada tiap negara anggota dalam soal penyeleksian peraturan dan perubahan ekonominya. IMF selanjutnya akan memberi anjuran berkenaan peraturan yang dipandang lebih pas berkaitan peraturan itu.

Memberikan dana utang untuk negara anggota IMF
Ada saatnya, aktivitas IMF ialah memberi kontribusi tehnis berbentuk training berkaitan permasalahan keuangan ke[ad beberapa negara anggotanya. Lebih persisnya, memberikan training langsung ke bank sentra dan pemerintahan negara itu.

Melangsungkan tatap muka tahunan anggota IMF
Tiap bulan oktober, beberapa anggota IMF lakukan diskusi yang mengulas sekitar ekonomi. Umumnya, tatap muka ini diselenggarakan di kantor pusat sepanjang 2 tahun beruntun. Lantas di tahun ke-3  diselenggarakan di salah satunya negara anggota.

Pekerjaan Khusus IMF

Tidak keluar permasalahan ekonomi, pekerjaan khusus IMF ialah memprakarsai atau menggerakkan terciptanya kerja sama moneter secara internasional antara beberapa negara sebagai anggotanya. Tetapi, disamping itu ada juga beberapa pekerjaan dari IMF, yakni seperti berikut.

Memberi sarana untuk perkembangan dan peluasan transaksi bisnis internasional yang imbang.
Menggerakkan kestabilan dari nilai ganti mata uang internasional
Menolong terciptanya mekanisme pembayaran secara multilateral.
Penuhi sumber kontribusi yang sudah diperlengkapi dengan mekanisme safeguard berkualitas ke negara anggota yang alami permasalahan ekonomi atau neraca pembayaran.
Dalam periode panjang, turunkan tingkat kemiskinan di penjuru dunia.
Itu ia pembahasan berkenaan apakah itu IMF (International Monetary Fund) atau juga dikenal dengan Dana Moneter Indonesia. Arah khusus dari organisasi ini ialah menolong ekonomi negara di penjuru dunia, jadi tidak bingung bila mereka siap memberi utang ke Indonesia untuk tangani permasalahan wabah di negara kita.

Tinggalkan komentar