10 Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah dan Aman

Salah satunya pertanda dari sembelit ialah feses yang keras, jarang-jarang bab (BAB), sampai tidak melakukan sama sekalipun. Masalah pencernaan ini pasti mengusik sehari-harinya, kan? Nach, ada dapat menangani sembelit dan memperlancar BAB yang keras dengan …

Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah dan Aman

Salah satunya pertanda dari sembelit ialah feses yang keras, jarang-jarang bab (BAB), sampai tidak melakukan sama sekalipun. Masalah pencernaan ini pasti mengusik sehari-harinya, kan? Nach, ada dapat menangani sembelit dan memperlancar BAB yang keras dengan bermacam langkah gampang di bawah ini.

Langkah memperlancar BAB untuk menangani sembelit

Sembelit ialah permasalahan pencernaan yang mengakibatkan Anda sulit bab. Keadaan ini terjadi karena pergerakan usus yang melamban atau peranan usus memiliki masalah.

Selainnya sulit BAB, feses Anda kemungkinan bisa menjadi keras dan perut berasa kaku karena feses kelamaan menimbun di usus. Beberapa hal yang menjadi pemicu sembelit dan satu diantaranya ialah minimnya mengonsumsi makanan memiliki serat atau mungkin kurang minum.

Walau terlihat sepele, konstipasi pasti bisa mengusik sehari-harinya. Jika tidak selekasnya diatasi, masalah pencernaan ini bisa mengakibatkan kompleksitas serius. Berikut ada beragam langkah memperlancar BAB untuk menangani sembelit.

Memperbanyak mengonsumsi makanan memiliki serat

Salah satunya pemicu sembelit ialah minimnya konsumsi serat pada tubuh. Itu penyebabnya, jalan keluar memperlancar pencernaan dapat dilaksanakan dengan perbanyak mengonsumsi makanan memiliki serat.

Serat pada makanan bisa menolong mempernyerap air extra, hingga feses jadi lebih lunak. Faedah serat ini yang dapat dihandalkan sebagai langkah memperlancar BAB sekalian menangani sembelit.
Disamping itu, serat mempermudah kontraksi usus untuk mengalihkan feses ke rektum. Tetapi, tidak seluruhnya tipe serat bagus untuk mekanisme pencernaan.

Upayakan untuk pilih tipe serat yang terlarut karena bisa mempernyerap air dan membuat gel dalam usus untuk melunakkan feses. Anda dapat menemui serat yang terlarut air pada makanan misalnya:

  • gandum,
  • kacang-kacangan,
  • apel,
  • jeruk,
  • jelai (barley),
  • alpukat, dan
  • brokoli

Konsumsi serat yang tidak terlarut malah bisa jadi parah sembelit. Makanan seperti kembang kol, kacang buncis, dan kentang cuman efisien sebagai langkah menahan sembelit, bukan menyembuhkannya.

Lihat skema makan

Minimnya konsumsi vitamin B12 rupanya bisa juga mengakibatkan sembelit . Maka, langkah baik memperlancar BAB yang keras dengan alami ialah memperhatikan konsumsi vitamin B12 dalam menu makanan.

Anda dapat menambah makanan seperti kiwi, jeruk, oatmeal, lidah buaya, sampai nasi sebagai menu makan pagi, makan siang, dan malam, sampai cemilan.

Selainnya kekurangan vitamin B12, sembelit dapat menjadi tanda dari irritable bowel syndrome (IBS) alias sindrom iritasi usus besar.
Langkah menangani sembelit karena IBS ini lumayan gampang, yaitu ikuti diet rendah FODMAP (Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, dan Poliol). Nama diet yang dari kependekan karbohidrat yang penting dijauhi ini sebagai tipe karbohidrat sebagai pemicu konstipasi.

Disamping itu, ada banyak tipe makanan yang bisa memperlancar bab, misalnya:

buah berikan,
popcorn yang tidak memiliki kandungan garam tinggi,
kacang-kacangan, seperti almond, dan
yogurt atau kefir

Penuhi keperluan cairan harian

Sembelit sering muncul karena utbuh kekurangan cairan, hingga dehidrasi. Nach, langkah alami memperlancar BAB yang dapat dilaksanakan di dalam rumah adala perbanyak minum air putih.

Cairan dibutuhkan oleh usus besar untuk memproses tersisa makanan jadi feses. Jika badan kekurangan air, usus besar akan mempernyerap air dari tersisa makanan yang dikonsumsi. Mengakibatkan, feses jadi kering dan keras sampai susah untuk dikeluarkan.

Langkah menangani sembelit yang ini bisa dilaksanakan dengan minum air putih sekitar 8 gelas setiap hari. Anda bisa juga memperoleh konsumsi cairan dari juice buah atau makanan berkuah.

Anda bisa juga minum soda tawar tanpa gula sebagai langkah menangani BAB keras. Air soda mempunyai potensi menghidrasi badan sekalian menurunkan tanda-tanda sembelit.

Teratur olahraga

Selainnya sehatkan badan, teratur olahraga rupanya dapat menolong memperlancar bab. Olahraga bisa menolong badan mempernyerap makanan lebih bagus dan membuat usus masih tetap aktif bergerak.
Makin aktif usus bergerak, gerakan makanan dalam usus besar akan cepat. Bila makanan bisa lebih cepat melalui usus besar, semakin lebih sedikit air yang diserap badan dari feses.

Secara singkat, struktur feses akan lebih dari dan lunak hingga lebih gampang dikeluarkan. Ini ditunjukkan melalui riset dari jurnal Diabetes, Metabolic Syndrome, and Obesity: Sasarans and Terapi.

Riset itu mengutarakan jika aktif olahraga bisa kurangi permasalahan konstipasi pada wanita yang alami kegemukan. Walau demikian, pilih tipe olahraga yang tidak demikian berat, seperti jalan kaki sepanjang 20 sampai 30 menit seringkali dalam satu minggu.

Urus depresi secara baik

Banyak yang tidak sadar jika depresi menjadi pemicu sembelit. Masalahnya badan yang dirundung depresi bisa memacu gerakan usus yang melamban dan mengakibatkan sembelit.

Itu penyebabnya, langkah terbaik memperlancar BAB sekalian menangani konstipasi ini ialah coba beragam hal yang dapat kurangi depresi, mencakup:

  • membaca buku,
  • melihat film,
  • konsumsi makanan sehat, dan
  • lakukan hoby yang lain.

Jauhi rutinitas meredam BAB

Rutinitas meredam BAB dapat mengakibatkan sembelit. Masalahnya feses yang semestinya dikeluarkan justru ketahan di usus. Makin lama ketahan, usus akan mempernyerap cairan pada feses semakin banyak dan membuat jadi lebih kering.

Nach, langkah tepat memperlancar BAB untuk menangani sembelit pasti perlu menghilagkan rutinitas itu. Jika sudah meuncul tekanan untuk bab, selekasnya ke toilet.

Mengaplikasikan langkah ini bukan hanya membuat mekanisme pencernaan jadi lancar, tapi juga menahan berlangsungnya sembelit.

Minum obat pencahar

Jika langkah alami memperlancar BAB tidak sanggup menangani sembelit, Anda dapat konsumsi obat pencahar yang dipasarkan bebas di apotek. Minum obat pencahar ialah langkah tercepat untuk menangani konstipasi.

Walau demikian, tiap tipe obat mempunyai peranan yang berbeda, diantaranya:

  • suplemen serat untuk melunakkan feses,
  • pencahar lubrikan untuk memulasi feses,
  • pencahar osmotik untuk jaga kandungan air dalam usus,
  • obat pencahar stimulasi untuk memacu otot usus supaya feses keluar, dan
  • obat pelunak tinja yang umum dipakai sesudah operasi atau melahirkan.

Konsumsi vitamin

Selainnya makanan dan obat pencahar, tipe vitamin tertenu dapat dipakai sebagai langkah menangani sembelit. Berikut beberapa vitamin yang bisa menolong memperlancar proses pencernaan.

Vitamin C
Vitamin C adalah vitamin yang bisa menolong menyembuhkan konstipasi. Saat badan cukup mendapatkan konsumsi vitamin C, tersisa dari vitamin yang tidak teresap akan memberi dampak osmotik pada aliran pencernaan.

Maknanya, vitamin C bawa air ke usus, hingga bisa menolong menghaluskan feses. Oleh karenanya, suplemen atau konsumsi vitamin C tambahan dari makanan bisa menolong menurunkan sembelit.

Vitamin B9 (asam folat)
Vitamin B9 atau asam folat bekerja dengan menstimuli pembangunan asam pada aliran pencernaan, hingga bisa menolong memperlancar BAB. Jika tingkat asam pada aliran cerna rendah dalam periode waktu tertentu, Anda perlu menambahkan konsumsi asam folat supaya tanda-tanda sembelit menyusut.

Konsumsi makanan prebiotik dan probiotik

Langkah menangani sembelit karena BAB yang keras bisa juga dilaksanakan dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan probiotik dan prebiotik.

Makanan probiotik ialah makanan yang dipertambah bakteri yang serupa dengan bakteri baik di usus. Dalam pada itu, prebiotik ialah zat bagus untuk bakteri dalam usus.

Biasanya, bakteri probiotik bisa percepat saat yang diperlukan makanan untuk jalan sejak masuk ke dalam mulut, aliran pencernaan, sampai keluar jadi feses.

Waktu proses pencernaan makanan juga jadi lebih pendek karena probiotik, yaitu 12,4 jam bisa lebih cepat. Proses cepat ini membuat feses masih tetap lunak dan gampang dikeluarkan.

Di sisi lain, prebiotik memiliki kandungan tipe serat galacto-oligsaccharides yang bisa tingkatkan frekwensi bab. Zat ini membuat feses jadi lebih halus.

Jalani operasi

Operasi ialah jalan paling akhir saat perawatan rumahan atau beberapa obat dari dokter tidak bisa memudahkan sembelit yang dirasakan. Bahkan juga, ada persyaratan khusus untuk jalani operasi sebagai langkah menangani sembelit, yaitu menanggung derita permasalahan sistematis pada usus besar, misalnya:

penyumbatan pada usus besar,
persempitan di bagian usus,
robekan pada anus (fisura ani), dan
rektum ‘jatuh’ ke vagina (prolaps rektal).
Anda pun kemungkinan membutuhkan operasi saat kanker diketemukan pada usus besar, rektum, atau anus.

Supaya bermacam langkah memperlancar BAB untuk menangani sembelit lancar, silahkan tanyakan sama dokter untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

Tinggalkan komentar